PENGEMBANGAN MODEL E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN KINERJA UKM KOTA DENPASAR
Evi Triandini, Yohanes Priyo Atmojo
PDF (article)
Download |
|
PDF (similarity)
Download |
|
PDF (korespondensi)
- |
|
Link Resmi Jurnal
View |
Abstract
UKM memiliki peranan terhadap peningkatan produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Pemerintah dan swasta diharapkan ikut memberikan perhatian dan inisiatif yang lebih dalam pengembangan UKM, sehingga UKM diharapkan mempunyai daya saing yang tinggi. Penggunaan teknologi diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. UKM di Denpasar, Bali, memerlukan e-commerce yang dapat mendukung aktivitas bisnisnya. Untuk memenuhi keperluan tersebut diperlukan model e-commerce yang sesuai bagi UKM Denpasar, Bali. Metode structural equation modeling (SEM) digunakan untuk membentuk model e-commerce. Faktor manajerial, faktor lingkungan dan kultur organisasi mempengaruhi perencanaan strategi UKM terhadap penggunaan e-commerce. Perencanaan strategi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Model ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang model e-commerce yang dapat membantu UKM untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. Model tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk pengembanganaplikasi e- commerce pada penelitian selanjutnya.